Cara Mengidentifikasi Bahan Makanan yang Mengandung Lemak

Lemak atau lipid diperlukan tubuh karena berfungsi menyediakan energi sebesar 9 kilokalori/gram; melarutkan vitamin A, D, E, K dan dapat menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Selama proses pencernaan, lemak dipecah menjadi molekul yang lebih kecil, yaitu asam lemak dan gliserol.

Cara Mengidentifikasi Bahan Makanan yang Mengandung Lemak - Lemak merupakan unit penyimpanan yang baik untuk energi. Kelebihan energi dari makanan yang kamu makan diubah menjadi lemak dan disimpan untuk digunakan dilain waktu. Berdasarkan struktur kimianya, lemak dibedakan menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh biasanya cair pada suhu kamar. Minyak nabati dan lemak yang ditemukan dalam biji merupakan contoh dari lemak tak jenuh. Lemak jenuh biasanya padat pada suhu kamar dan ditemukan dalam daging, susu, keju, minyak kelapa, dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh dapat meningkatkan
kolesterol darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Berikut adalah Percobaan untuk Mengidentifikasi Bahan Makanan yang Mengandung Lemak dengan Langkah Kegiatannya yaitu :
  1. Kumpulkan jenis makanan nasi, singkong, roti, kue, keripik kentang, kacang, buah-buahan, sayuran, dan daging.
  2. Secara terpisah, hancurkan bahan makanan dengan pistil dan mortar.
  3. Tempatkan makanan pada sehelai kertas minyak (bahan layang-layang), kemudian lipat sehingga kertas membungkus makanan secara sempurna (hati-hati jangan sampai kertas tersebut robek).
  4. Beri label kertas dengan nama masing-masing makanan (janganlah mencicipi makanan tersebut).
  5. Biarkan selama 30 menit.
  6. Ambil dua lembar kertas, satu lembar diberi tanda A dan yang lain diberi tanda B. Kertas A ditetesi dengan minyak, dan kertas B ditetesi air.
  7. Bandingkan kertas A dan B tempat makanan.

Analisis
Gunakan tes ini untuk menentukan kandungan lemak pada makanan. Tanda berminyak berarti makanan mengandung lemak, sedangkan tanda basah berarti makanan mengandung air.

Post a Comment for "Cara Mengidentifikasi Bahan Makanan yang Mengandung Lemak"