Percobaan IPA Sederhana Tentang Pembiasan Cahaya

Percobaan IPA  kali ini adalah tentang pembiasan cahaya, merupakan sebuah praktikum untuk membuktikan bahwa cahaya yang merambat dari suatu medium ke medium lain yang memiliki kerapatan berbeda

Telah dijelaskan di depan bahwa cahaya merambat lurus. Hal itu terjadi bila cahaya merambat melalui medium sejenis. Bagaimana bila cahaya merambat melalui dua medium yang berbeda? Coba arahkan berkas cahaya senter ke permukaan larutan susu. Apa yang terjadi dengan berkas cahaya di dalam larutan susu?

Pada Gambar dibawah ini tampak bahwa ketika berkas cahaya senter mengenai bidang batas antara udara dengan larutan susu, berkas cahaya tersebut dibelokkan di dalam larutan susu. Pembelokan inilah yang sering disebut pembiasan.

percobaan pembiasan cahaya

Untuk melakukan pembuktian kali ini kita siapkan dulu bahan dan alat apa saja yang diperlukan untuk percobaan nanti antara lain :
  1. Gelas
  2. Sebatang pensil
  3. Air


Selanjutnya perhatikan cara kerja percobaannya, yaitu :

  1. Isi gelas dengan air kira-kira sampai tiga perempatnya!
  2. Masukkan sebatang pensil ke dalam air  tersebut!
  3. Atur kedudukan pensil agak miring terhadap permukaan air!
  4. Amati pensil tersebut dari atas air!


percobaan pembiasan cahaya air dimasukan ke dalam gelas yang berisi air

Sekarang kita lihat pada gambar, apa yang terjadi dengan batang pensil tersebut ? Terlihat bahwa batang pensil, seperti bengkok. Dan hal ini pensil tersebut tidak benar benar patah tapi hanya terlihat oleh mata kita saja, seolah olah patah atau bengkok.

Lantas apa kesimpulan dari percobaan pensil dimasukan ke dalam gelas yang berisi air ? 

Pada percobaan diatas terjadi pembelokan berkas cahaya yang merambat dari suatu medium ke medium lainnya yang berbeda kerapatannya dan inilah yang disebut dengan Pembiasan.

Post a Comment for "Percobaan IPA Sederhana Tentang Pembiasan Cahaya"