Mengidentifikasi Bahan Karet Alami dan Buatan


Secara kimiawi karet alam adalah senyawa hidrokarbon yang merupakan polimer alam hasil penggumpalan lateks alam. Karet alam memiliki banyak sifat unggul. Karet alam memiliki daya elastis atau daya lenting yang baik, plastisitas yang baik, mudah pengolahannya, tidak mudah aus (tidak mudah habis karena gesekan), dan tidak mudah panas.

Karet sintetis terbuat dari bahan baku yang berasal dari minyak bumi, batu bara, minyak, gas alam, dan acetylene. Banyak dari karet sintetis adalah kopolimer, yaitu polimer yang terdiri dari lebih dari satu jenis monomer. Karet sintetis dapat diubah susunannya sehingga diperoleh sifat yang sesuai dengan kegunaannya. Karet sintetis dapat digunakan untuk berbagai keperluan, bahkan dapat menggantikan fungsi karet alam.

Baca juga :

Mengidentifikasi Bahan Karet Alami dan Buatan
Peralatan dan Bahan yang Diperlukan.

  1. Lima macam benda yang terbuat dari karet (balon karet, gelang karet, bola bekel, dot bayi,karet penghapus atau benda dari bahan karet)
  2. 100 cc minyak tanah
  3. Botol selai ukuran 200 cc

Cara kerja :
1. Kerjakan secara berkelompok !

2. Kumpulkan 5 macam barang bekas yang terbuat dari bahan karet (misalnya: karet penghapus, karet gelang, bola bekel, dot bayi, balon karet, dan bahan lain yang terbuat dari karet yang ada di sekitarmu).

3. Teliti dan identifikasi sifat bahan tersebut satu-per satu dengan cara berikut.
  • Ukurlah masing-masing bahan dengan alat ukur yang sesuai, misalnya dengan penggaris, meteran atau jangka sorong. Catat masing-masing bahan pada seperti pada gambar dibawah ini.
  • Rendamlah bahan-bahan tersebut ke dalam botol selai yang berisi minyak tanah selama 6 jam. Hati-hati dalam melakukan kegiatan ini, dan jauhkan dari api.
4. Catat data yang kamu peroleh ke dalam tabel

percobaan membuktikan bahan karet alam dan karet buatan sintetis

Jawablah!
  1. Setelah bahan-bahan tersebut direndam minyak tanah apakah ukurannya berubah?
  2. Bahan-bahan apa sajakah yang ukurannya berubah? Mengapa demikian?
  3. Bahan-bahan apa sajakah yang ukurannya tidak berubah? Mengapa demikian?
  4. Berdasarkan data tersebut, apa saja yang termasuk bahan karet alami? dan bahan apa saja yang tergolong karet sintetis?

Post a Comment for "Mengidentifikasi Bahan Karet Alami dan Buatan"